Senin, 12 Maret 2012

MERAH DARAHKU, PUTIH TULANGKU

,

Berani dan suci adalah sebuah makna yang mengandung arti yang mendalam. Itulah tanda keemasan Negara Republik Indonesia "Sang Merah Putih". Sedikit saya akan menjelaskan sejarah bendera merah putih, langsung aja.

Merah putih adalah lambang serta kehormatan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Di mana para pahlawan telah berjuang sampai titik darah penghabisan untuk membela serta mempertahankan Sang Merah Putih agar tetap berkibar di Bumi Pertiwi.
Pada dasarnya, merah putih itu sendiri telah digunakan sebagai bendera kerajaan ataupun kesatuan. Misalnya, tentara nagkatan Jayakatwang pada tahun 1292 dan masih banyak lagi kesatuan ataupun perhimpunan yang menggunakan warna merah putih sebagai lambang yang mempunyai arti berani dan suci itu. Merah putih menjadi bendera kebangsaan NRI setelah ditetapkan dalam UUD 1945 pasal 35.
Bendera merah putih yang pertama di jahit oleh Ibu Fatmawati (Istri Bung Karno). Pada hari Proklamasi tepatnya tanggal 17 Agustus 1945, Sang Merah Putih di kibarkan oleh Latief Hendra tepatnya di Jl. Pegangsaan Timur No. 56. Terakhir kali bendera pusaka tersebut di kibarkan tahun 1969. Karena sedah tua, Sang Saka Merah Putih diduplikat sebagai gantinya untuk pengibaran bendera yang ruti kita laksanakan setiap tahunnya.
Tetaplah berkibar bendera negeriku dilangit yang biru.
"Berkibarlah benderaku, lambang suci gagah perwira. Di seluruh pantai Indonesia, kau tetap pujaan bangsa. Siapa berani menurunkan egkau, serempak rakyatmu membela. Sang Merah Putih yang perwira, berkibarlah selama-lamanya."

0 komentar to “MERAH DARAHKU, PUTIH TULANGKU”

Posting Komentar

 

POPOKSTUDENTS Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger