Senin, 12 Maret 2012

THE FOUNDER

,

Lord Baden-Powell of Gilwell adalah pendiri gerakan Kepramukaan. Nama lengkapnya adalah Robert Stephenson Smyth. Ia lahir di Kota London, Inggris, tepatnya 22 Februari 1857. Ayahnya adalah guru besar Geometri di Universitas Oxford yang bernama Prof. Domine Baden-Powell. Ibunya adalah seorang putrid dari Admiral Inggris yang bernama Miss Henrieta Grace Smyth.
Baden-Powell mempunyai 9 orang saudara, yaitu : Warrington, George, Augustus, Frank, Penrose, Agnes, Henrietta, Jessie, dan Baden Fletcher. BP pun dituntut hidup mandiri ketika menjadi yatim di usia 3 tahun. Hidup bersama ibunda tercinta, ia adalah orang yang kuat, tak mudah putus asa, dan suka menolong.

BP bersekolah di Charter House School tahun 1870, dan menjadi murid teladan. Banyak kegiatan ekstra yang ia tekuni, seperti :
1. Marching Band.
2. Klub Menembak (Rifle Corps).
3. Teater.
4. Seni Lukis dan Gambar.
5. Kiper
Setelah menamatkan sekolahnya, BP pun bergabung dengan Dinas Kemiliteran. Dari Akademi itu, BP di tempatkan di India dengan pangkat pembantu Letnan. Dengan berbekal pengalaman yang ia dapat, akhirnya BP bertugas di Mafeking, Afrika Selatan, sebagai pemimpin pertahanan Kota Mafeking terhadap pengepung Bangsa Boer selama 217 hari. Karena keberaniannya, BP pun di juluki “IMPEESA” yang artinya “ Srigala yang tidak pernah tudu.”
Pada tahun 1901, BP kembali ke Inggris dan menulis pengalamannya dalam sebyah biku yang berjudul Aids To Scouting. Perkemahan pertama diselenggarakan di Pulau Brownsea, tahun 1908. BP kembali menulis dengan judul Scouting For Boy, dan buku inilah yang melahirkan perkembangan di dunia Kepanduan. Tahun 1910, BP mulai berkonsentrasi penuh mengembangkan kepanduan di seluruh dunia. Pada tahun ini pula BP menikah dengan seorang wanita nan cantik jelita bernama Olive St. Clair Soames ( Lady Baden-Powell) dan dikaruniai 3 orang anak, yaitu : Peter, Heather, and Betty. Jambore pertama kali diadakan di Olimpia, London, Inggris. BP pun diangkat sebagai Chief Scout of The World pada tanggal 6 Agustus 1920. BP dan istrinya pun menghabiskan masa-masa akhirnya di Inggris. BP wafat tanggal 8 Januari 1941.
Catatan :
1. Bangsa Boer adalah bangsa Eropa keturunan Belanda yang lahir dan di besarkan di Afrika. Sekarang bangsa Boer banyak tinggal di Afrika Selatan.
2. Scouting For Boys merupakan sebuah master piece dan best seller yang menggemparkan dunia.

referensi :
http://semangatbelajar.com/biografi-robert-baden-powell-bapak-pandu-sedunia/
http://materipramukasatryarovers.wordpress.com/2009/11/19/biografi-baden-powell/



0 komentar to “THE FOUNDER”

Posting Komentar

 

POPOKSTUDENTS Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger